Kini Budidaya Jambu Kristal Bisa Menggunakan Media Pot

Kini Budidaya Jambu kristal Bisa Menggunakan Media Pot

Budidaya jambu kristal merupakan pilihan yang tepat bagi kamu mengingat harga satuan dari buah ini cukup tinggi. Sehingga tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk memulai memelihara sendiri jambu kristal. Saat ini harga satuan jambu jenis ini bisa mencapai 15.000.

Tingginya harga buah tersebut tidak diragukan lagi sebab jambu kristal sudah diketahui bersama merupakan buah dengan rasa dominan manis. Tekstur daging tebal dengan ukuran satuan buah lumayan besar. Keistimewaan lain dari buah ini adalah kandungan biji hanya sekitar 2% saja atau bisa dikatakan sangat sedikit bijinya.

Kelebihan lain dari jambu kristal adalah memilki daya tumbuh sangat tinggi. Jambu kristal dapat secara mudah menyesuaikan dengan cepat pada kondisi tanah tertentu. Sebagai tanaman yang berasal dari negara Taiwan maka dapat dipastikan juga bahwa tanaman tersebut dikategorikan sebagai buah-buahan tropis.

Penting juga kamu ketahui bahwa jambu kristal merupakan jenis tanaman dengan kecepatan berbuah sangat singkat. Hampir secara umum tumbuhan ini dapat secara langsung melatih pembuahan pada tahap pertama sekitar umur ke delapan bulan, meskipun tidak sempurna secara pembuahan namun hal ini jarang dimiliki oleh tumbuhan lain.

Apabila sudah mencapai masa pembuahan maksimal maka jambu kristal menurut beberapa pendapat ahli dapat dikategorikan sebagai tumbuhan dengan tingkat produktivitas tinggi. Proses pembuahan juga dapat berlangsung pada musim berbeda sehingga pasokan tanaman sangat mungkin tercukupi.

Melihat begitu banyak kemudahan serta manfaat dari buah ini maka penting bagi kamu untuk memahami Budidaya jambu kristal dengan media pot, hal ini dilakukan apabila kamu mempunyai keterbatasan lahan untuk menanam namun menginginkan tanaman jambu kristal lebih efisien namun tetap berbuah lebat.

Memperhatikan Pemilihan Bibit yang Bagus

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai menanam tumbuhan jambu jenis kristal dengan media pot tentunya dengan memperhatikan pemilihan jenis bibit. Pemilihan jenis bibit usahakan memilki melalui indukan berkualitas berupa cangkok maupun okulasi.

Beberapa ciri bibit berkualitas adalah telah memiliki rentan usia 5 sampai 6 bulan, dengan pertimbangan adanya tunas yang cukup lumayan tinggi. Perlu memperhatikan tekstur batang tanaman berupa lurus atau tidak, usahakan memilih batang bibit lurus serta telah mempunyai beberapa ruas tangkai dilengkapi beberapa daun utuh.

Perhatikan juga kualitas kebersihan tanaman, usahakan memilih bibit yang memilki tingkat kebersihan tinggi. Pola kebersihan bisa dilihat dari sejauh mana hama pada tumbuhan, usahakan daun bersih serta jauh dari kutu.

Panduan Penanaman Pada Media Pot

Setelah menentukan jenis bibit berkualitas selanjutnya kamu bisa memilih jenis pot sebagai media tanam. Mendapatkan pot terbilang cukup mudah, kamu bisa menggunakan ember bekas maupun drum bekas. Namun kamu juga dapat membeli pot secara jadi pada toko tanaman.

Sediakan tanah pasir, tanah liat, serta pupuk kandang dengan perbandingan satu sama lain secara rata disesusaikan dengan ukuran pot. Selanjutnya campurkan secara merata semua jenis tanah tersebut untuk dimasukkan ke dalam pot.

Selanjutnya kamu tinggal memasukkan bibit pada tanah dalam pot. Beberapa hal penting untuk diperhatikan adalah perlunya berhati-hati apabila hendak melepas plastic yang membungkus akar tanaman, usahakan buka secara perlahan agar kualitas akar tidak rusak. Untuk mendapatkan akar berkualitas dan banyak sebelum memasukkan dalam pot potonglah sedikit akar tunggang.

Setelah berhasil membuka plastik dan memotong akar tunggang,  tambahkan lagi campuran sisa tanah ke dalam pot hingga mencapai titik penuh. Kemudian siramlah tanaman beserta seluruh tanahnya.

Budidaya jambu kristal juga penting untuk memperhatikan perawatan secara berkala. Meskipun jambu kristal dapat tumbuh berkembang secara mandiri, namun demi menghasilkan kualitas buah terbaik kamu tentu perlu merawat tanaman secara lebih giat.

Perawatan tumbuhan ini bisa dimulai dengan penyiraman secara rutin setiap harinya. Meskipun pada musim hujan kondisi tanah dalam pot juga sangat sensitif terhadap kurangnya kandungan air. Sehingga perlu stabilitas air yang sangat cukup.

Perawatan selanjutnya adalah penggemburan tanah secara berkala, usahakan tanah tetap gembur sehingga kualitas tumbuhan semakin bagus. Setelah selesai tahap akhir perawatan adalah dengan melakukan pemangkasan secara berkala. Pemangkasan daun dan ranting dilakukan sebagai upaya memunculkan tunas baru.

Bagi kamu yang hendak memulai untuk menanam buah ini maka diperlukan ketelatenan dari proses pena naman hingga proses perawatan. Budidaya jambu kristal dengan metode di atas dapat menjadi referensi tambahan lain dari metode pada umumnya khususnya untuk efisiensi lahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *