Menguntungkan dengan Budidaya Ikan Dalam Ember Mudah dan Murah

Menguntungkan dengan Budidaya Ikan dalam Ember Mudah dan Murah

Budidaya ikan dalam ember saat ini sedang banyak di gandrungi karena terbilang sangat mudah untuk dijadikan ladang usaha. Lahan yang semakin sempit tidak menjadi penghalang bagi usaha jenis ini. Bermodalkan di halaman rumah atau ruangan kosong di rumah bisa dijadikan tempat untuk membudidayakan ikan dengan ember.

Teknik membudidayakan ikan dengan ember ini sedang populer belakangan ini. Teknik ini dapat dijalankan dengan mudah modal yang dibutuhkan sangat kecil. Praktis dan mudah adalah hal yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan teknik pembudidayaan menggunakan ember.

Dalam menggunakan teknik pembudidayaan di ember bukan hanya bisa dijadikan budidaya ikan tapi bisa dijadikan cara untuk bercocok tanam dengan cara aquaponic. Budidaya ikan dalam ember ini ditemukan oleh Juli Nursandi Dosen dari Politeknik Negeri Lampung.

Ikan yang Cocok untuk Dibudidayakan dalam Ember

Dalam budidaya ikan ini, kamu tidak bisa sembarangan memasukan jenis-jenis ikan apa saja untuk di budayakan. Diperlukan pemilihan yang sesuai dari ukuran dan mampu bertahan dengan kadar oksigen yang sedikit. Jenis ikan yang cocok untuk dibudidayakan menggunakan teknik ini seperti lele, patin, gabus, dan gurame

Namun, dari berbagai jenis ikan di atas, membudidayakan lele menggunakan teknik ini lebih baik. Karena lele merupakan jenis ikan yang memiliki ketahanan yang kuat, pemeliharaannya mudah dan juga mampu berkembang biak dengan cepat. Karena hal itulah menggunakan lele untuk di budidaya sangat cocok bagi pemula.

Selain itu kamu juga bisa sekaligus untuk bercocok tanam seperti kata pepatah sambil menyelam minum air. Untuk pemilihan tanaman yang bisa untuk bercocok tanam adalah kangkung, genjer, dan bayam. Memang teknik ini memiliki banyak keunggulan selain bisa dilakukan di tempat yang kecil sekaligus serbaguna.

Dalam memilih jenis budidaya ikan dalam ember seperti ini kamu tidak membutuhkan modal yang besar. Namun, tentunya dengan budidaya menggunakan teknik ini tidak bisa menghasilkan keuntungan besar seperti budidaya di tambak ikan. Namun, budidaya ini cocok dijadikan usaha kecil-kecilan atau untuk dikonsumsi sendiri.

Jika kamu tertarik dalam membudidayakan ikan menggunakan ember pastikan kamu mengetahui cara dan alat-alat yang dibutuhkan. Berikut ini alat dan cara membuat ember menjadi tempat budidaya ikan sekaligus untuk bercocok tanam.

Langkah-langkah Budidaya Ikan Dalam Ember

Dalam membudidayakan ikan menggunakan teknik ini alat-alat yang dibutuhkan sangat sederhana dan mudah dalam mencari alatnya. Selain itu modal untuk membuat tempat budidaya menggunakan  ember ini cukup murah sekitar ratusan ribu untuk satu tempat budidaya. Nah, untuk alat-alatnya berikut ini yang harus kamu siapkan:

  1. Ember plastik 80 l = Rp. 44.600
  2. Arang batok kelapa 1 kg = Rp. 11.000
  3. Gelas plastik = Rp. 4.000
  4. Bibit lele berukuran 5cm hingga 2cm sejumlah 60-100 ekor = Rp. 60.000
  5. Kawat kecil yang bisa dibengkokkan = Rp. 50.000
  6. Bibit kangkung = Rp. 20.000

Setelah menyiapkan alat kebutuhan seperti di atas sekarang masuk ke tahapan pembuatannya. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melubangi gelas plastik tadi menggunakan solder atau bisa juga menggunakan paku.

Setelah itu potong kangkung dan sisakan hanya bagian bawahnya atau akarnya saja. Lalu masukan kangkung tersebut ke dalam gelas yang sudah terlebih dahulu di isi dengan arang batok kelapa jangan terlalu penuh cukup setengah gelas plastiknya saja. Kawat di potong hingga membentuk kail sebagai penahan kangkung.

Selanjutnya membuat tempat untuk budidaya ikan lele menggunakan ember. Langkah pertama isi ember menggunakan air bersih sekitar 65 l, setelah itu diamkan satu sampai hari. Jika sudah didiamkan selam 1-2 hari tadi selanjutnya masukan bibit lele ke dalam ember, diamkan 1 hari.

Langkah terakhir rangkai kangkung di penggir bagian dalam ember. Dalam merawat media budidaya lele dan sekaligus kangkung ini kamu harus menyimpannya di tempat yang terkena sinar matahari agar kangkung dapat tumbuh dengan cepat. Sedangkan untuk lele bisa diberi pakan pelet dua sampai tiga kali dalam sehari secara rutin.

Untuk panen kamu bisa memanen kangkung sekitar 13-20 hari sejak di taman, sedangkan lele dapat di panen sekitar dua bulan. Agar budidaya ikan dalam ember ini sukses pastikan kamu memperhatikan langkah-langkah di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *