Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal Lebih Menguntungkan

Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal Lebih Menguntungkan

Budidaya ikan gurame di kolam terpal mulai populer jaman ini dikarenakan pemeliharaannya bisa di bilang mudah dan praktis dibanding dengan budidaya gurame di tambak atau kolam beton. Membudidayakan gurame dapat dijadikan ladang usaha sangat menjanjikan karena kebutuhan pasar yang tinggi.

Ikan merupakan salah satu jenis bahan yang wajib untuk penambah nafsu makan. Karena memiliki ciri khas dagingnya yang empuk dan juga gurih membuat gurame banyak penyukanya. Selain itu daya jual gurame cukup mahal sehingga bisnis budidaya gurame cukup menjanjikan.

Ternak gurame bisa dijalankan walau modal kecil apalagi besar. Karena itulah membuat bisnis ini bisa di lakukan olah semua kalangan masyarakat. Budidaya ikan gurame pada kolam terpal lebih mudah dijalankan dan perawatannya tidak terlalu rumit.

Kelebihan Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal

Hampir semua warung makan menyediakan hidangannya berbahan ikan gurame. Permintaan pasar akan ikan ini sangat tinggi sehingga membuat keuntungan yang di dapat menjanjikan. Dalam berbisnis gurame ini terdapat kelebihan yang didapatkan dibanding dengan jenis ikan lainnya.

  1. Harga jual gurame tinggi.
  2. Daya tahan hidup lebih kuat dibanding jenis ikan lainnya.
  3. Lebih hemat pakan.
  4. Pesaing belum terlalu banyak.
  5. Tingginya kebutuhan pasar.
  6. Modal lebih kecil.
  7. Tidak membutuhkan lahan besar.

Dalam sebuah usaha baik budidaya ikan atau lainnya pasti memiliki risiko. Begitu juga dengan ternak gurame ada kekurangan atau risiko ketika berbisnisnya. Risikonya seperti ikan ini lebih mudah terserang penyakit seperti koreng dan juga proses panen relatif lama.

Ketika akan memulai usaha ini jangan khawatir soal modal atau kebutuhan lahan budidaya yang luas. Seiring berkembangnya jaman banyak orang yang berinovasi salah satunya dalam membudidayakannya menggunakan terpal. Membuat kolam atau tambak dari beton pastinya lebih membutuhkan modal lebih besar, tapi kamu dapat mengakalinya membuat kolamnya dari terpal.

Selain murah dan juga mudah menggunakan kolam dengan bahan terpal dapat membuat suhu air lebih stabil dan juga jarang terdapat penyakit atau hama. Jika kamu tertarik dalam Budidaya ikan gurame di kolam terpal harus mengetahui setiap langkah-langkah dalam membuka bisnis ini, oleh karena itu simak tips membuka usahanya di bawah ini

Tips dalam Membudidayakan Ikan Gurame

Dalam membudidayakan gurame umumnya dilakukan di tempat yang luas dan di aliri dengan air mengalir seperti empang. Namun, kemudahan dalam ternak ikan ini bisa kamu dapatkan jika membuat kolamnya menggunakan terpal. Kemudahan seperti bongkar pasang hingga biaya pembuatannya terbilang murah.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam budidaya ikan gurame di kolam terpal adalah menyiapkan kolamnya terlebih dahulu. Untuk membuat kolamnya kamu bisa menggunakan terpal lalu di tahan dengan kayu atau bahan lainnya yang kuat untuk menyangganya.

Dalam pengisian air ke dalam kolam jangan terlalu berlebihan karena bisa berdampak buruk ketika musim hujan datang karena dapat meluap dengan cepat. Isi air ke dalam kolam setengahnya dari tinggi kolam tersebut contohnya jika tinggi kolam satu meter kamu harus mengisi air hingga ketinggian 50-70 cm.

Selanjutnya, ketika memilih benih guramenya pastikan memperhatikan kondisi ikannya seperti tidak ada cacat, warna tidak terlihat aneh atau pucat, dan lincah. Ketika memasukan benih ikan ke dalam kolam terpal pastikan benihnya berusia 2 bulan karena dapat lebih cepat untuk beradaptasi dengan kondisi.

Pemberian pakan harus sangat diperhatikan, berikan pelet yang memiliki protein lebih dari 20% agar tumbuh kembangnya cepat. Selain itu agar nutrisi ikan tetap terjaga berikan pakan tambahan seperti kangkung, dadak, dan ubi jalar. Pemberian pakan harus dilakukan secara rutin minimal tiga kali sehari.

Jaga kebersihan kolam dan pilih filter atau saringan air yang bagus agar kesehatan ikannya tetap terjaga. Untuk memanennya harus sabar karena cukup lama sekitar 6 bulan dari benih mulai dimasukkan ke kolam. Pastikan bobot guramenya yang kamu panen sudah memiliki berat sekitar 6 ons lebih.

Gurame merupakan salah satu jenis ikan yang mudah kamu pasarkan. kamu bisa menawarkan hasil budidaya ke tetangga, pasar, dan restoran. Dalam membudidayakannya pastikan kamu memperhatikan setiap langkah-langkah Budidaya ikan gurame di kolam terpal agar meminimalisir kerugian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *