Potensi Budidaya Ikan Konsumsi Air Tawar Lebih Menguntungkan

Potensi Budidaya Ikan Konsumsi Air Tawar Lebih Menguntungkan

Potensi berbisnis yang sekarang mulai dilirik adalah budidaya ikan konsumsi. Budidaya ikan ini dilakukan agar mendapatkan hasil ikan berkualitas. Permintaan pasar untuk kebutuhan ikan semakin hari semakin meningkat karena hal inilah yang membuat potensinya menjanjikan dan juga balik modalnya lumayan cepat.

Ikan untuk konsumsi di pasaran umumnya ada dua yaitu air tawar atau laut. Namun, di Indonesia kebutuhan ikan air tawar lebih banyak dibandingkan air laut. Memiliki daging yang gurih membuat kebanyakan orang lebih menyukai air tawar.

Indonesia merupakan negara pengekspor ikan paling besar nomor tiga di dunia. Negara yang di ekspor oleh Indonesia seperti China, Australia, Jepang, Malaysia dan banyak lagi. Sebagai negara eksportir tentunya sektor membudidayakan adalah ide berbisnis yang sangat menguntungkan.

Ragam Budidaya Ikan Konsumsi Air Tawar

Dalam memulai bisnis kamu harus mengetahui apa produk yang cocok dan laku di pasaran. Karena apabila kamu berbisnis tanpa mengerti apakah produk laku di pasaran malah bisa mendatangkan kerugian. Begitu juga dengan budidaya ikan, kamu harus mengetahui jenisnya yang dapat berpotensi mendatangkan keuntungan.

Di negara kita Indonesia permintaan ikan air tawar lebih banyak dibandingkan air laut. Sehingga dalam membudidayakannya lebih menjanjikan. Namun tidak semua jenis air tawar dapat bersaing di pasaran. Berikut ini jenis budidaya ikan konsumsi yang menguntungkan di Indonesia:

  1. Membudidayakan lele

Budidaya Lele adalah salah satu potensi usaha budidaya yang sangat menjanjikan. Karena konsumsinya sangat tinggi, tidak heran karena lele memiliki daging renyah dan gurih. Selain itu pembudidayaan lele lebih mudah dan cepat, perawatannya juga mudah karena pada dasarnya lele hewan kuat.

  1. Budidaya gurame

Setelah lele gurame juga merupakan jenis yang cocok untuk dibudidayakan karena memiliki potensi pasar cukup luas. Dagingnya gurih dan tebal membuat gurame disukai oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia. Untuk proses panennya cukup lama bisa sepuluh bulan lebih.

  1. Membudidayakan ikan mas

Ikan untuk dikonsumsi satu ini sangat populer dibandingkan jenis lainnya. Hal ini karena dagingnya bertekstur lembut, gurih, dan mampu menambah nafsu makan. Dalam membudidayakannya ini terbilang mudah perawatannya tidaklah sulit, hanya perlu pakan rutin dan menjaga kebersihan kolam.

  1. Budidaya mujair

Mujair memiliki daging lembur dan juga mengandung protein hewani yang bagus bagi kesehatan tubuh. Dalam membudidayakan mujair terbilang membutuhkan modal relatif kecil sehingga budidaya mujair ini cocok bagi pemula yang baru terjun ke dunia budidaya ikan konsumsi.

  1. Membudidayakan Nila

Nila adalah jenis hewan konsumsi yang sering kamu temui di warung makan. Dalam proses pembudidayaan nila sangat mudah, karena hal inilah membuat banyak para pelaku bisnis yang membudidayakan nila. Potensi pasar yang besar membuat budidaya nila sangat menjanjikan.

Tips Memulai Bisnis Membudidayakan Ikan

Setelah menentukan akan membudidayakan jenis apa, selanjutnya kamu harus memulai bisnis ini dengan beberapa langkah bisa kamu lakukan. Hal pertama harus kamu lakukan adalah menentukan lokasi untuk budidaya. Pastikan dalam memilih lokasi budidaya tempatnya harus terkena sinar matahari agar tumbuh kembangnya pesat.

Ketika lokasi dan kolam sudah ada selanjutnya kamu ke masuk ke tahap pemilihan benih. Pastikan kamu memilih benih berkualitas agar yang dihasilkan juga baik. Ciri dari benih berkualitas ini bisa dilihat dari kondisi fisiknya apakah ada cacat atau tidak dan juga benih berkualitas pergerakannya lincah.

Pemilihan pakan pastikan kualitasnya bagus, memiliki protein yang baik bagi ikan. Selain itu lakukan perawatan seperti membersihkan kolam secara berkala, perhatikan kualitas air, dan memberikan vitamin tambahan secara berkala. Jika ada ikan yang sakit segera pisahkan dari kolam agar tidak menular.

Dalam pemilihan sistem kolam kamu bisa mencoba beberapa sistem kolam muali dari yang sederhana hingga mahal. Sesuaikan pilihan jenis ikannya dan sistem kolam dengan modal kamu miliki dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Ikan merupakan makanan banyak diminati alasannya karena rasanya enak dan gurih. Karena hal ini potensi pasar sangat tinggi dan juga dalam membudidayakannya lumayan mudah. Dengan modal sedikit kamu sudah dapat menghasilkan budidaya ikan konsumsi yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *