6 Bisnis Budidaya Unik Menguntungkan, Bisa Coba Di Rumah

Bisnis Budidaya Unik Menguntungkan, Bisa Coba di Rumah

Bisnis menguntungkan bisa didapatkan dari berbagai ide kreatif. Salah satunya adalah bisnis budidaya unik dengan memanfaatkan berbagai sumber daya hayati. Melaluinya, Kamu bisa mulai dari penggunaan lahan sisa di rumah. Sehingga tidak harus langsung mengeluarkan modal dalam jumlah banyak.

Beberapa peluang bisnis ini memang lebih cocok untuk Kamu yang bertempat tinggal di pedesaan. Karena kebanyakan merupakan usaha ternak maupun tanaman. Namun beberapa juga dapat dicoba untuk Kamu yang bermukim di kota, karena tidak membutuhkan penggunaan lahan luas.

3 Bisnis Budidaya Unik, Lebih Cocok Berlokasi di Pedesaan

Di bawah ini adalah bisnis budidaya yang unik dan juga cocok di pedesaan.

  1. Budidaya Katak Lembu

Memiliki nama latin Rana Catesbeiana, spesies katak lembu ini ternyata juga banyak disukai penggemar kuliner. Biasa juga dikenal dengan swike, cirinya adalah kepalanya berwarna hijau kontras dengan warna bawah tubuhnya yang putih. Pemeliharaan yang cukup mudah, menjadikan cocok Kamu budidayakan sendiri di rumah.

Hal yang perlu disiapkan utamanya tentu kolam. Jenisnya juga sama dengan kolam ikan digunakan secara umum. Nantinya Kamu bisa menaburkan benih katak, yaitu kecebong, ke kolam. Namun pastikan kolam sudah diberi prebiotic yang menghasilkan plankton, berfungsi sebagai pakan katak lembu.

Keuntungan lain yang diberikan adalah sekali panen, bisa memberikan hasil melimpah. Setelah 3 bulan pelepasan benih, Kamu sudah bisa memanennya. Omsetnya sendiri dapat mencapai 5 juta rupiah hanya dalam sekali panen. Sehingga dalam setahun penghasilan dapat mencapai 20 juta rupiah.

  1. Budidaya Ulat Hongkong

Dikenal juga dengan mealworm, seperti namanya, ulat hongkong ini memang umum digunakan sebagai pakan peliharaan. Misalnya untuk berbagai reptile maupun ikan. Karena kandungan kalori serta protein tinggi, beberapa lokasi juga mulai menggunakannya untuk bahan makanan manusia.

Namun apabila ingin lebih menguntungkan, lokasi budidaya tentu membutuhkan cukup banyak ruang. Sebagai persiapan, Kamu perlu paham dahulu apa saja tahapannya. Misal dari pemilihan indukan, cara merawat, memberi makannya, hingga proses pemanenan. Setelahnya baru bisa mulai bisnis budidaya unik ulat hongkong ini.

  1. Budidaya Jamur Enoki

Berbagai jamur memang umum dibudidayakan, misal merang dan tiram. Namun ternyata jamur enoki saat ini semakin terkenal di berbagai negara, bahkan mulai merambah ke Indonesia. Harga jualnya hampir sama dengan jamur tiram, maka bisa dibilang cukup menguntungkan untuk dibudidayakan.

Masa pertumbuhannya juga cepat. Sehingga dapat dipanen setiap hari pada sepanjang tahun. Modal yang diperlukan bisa dibilang cukup murah. Kamu dapat menggunakan botol plastik. Kemudian siapkan media tanam seperti serbuk gergaji. Kamu hanya perlu memastikan bibit terhindar dari sinar matahari dan terletak di ruang lembab.

3 Bisnis Budidaya Unik yang Juga Bisa Dilakukan di Perkotaan

Di bawah ini adalah bisnis berbudidaya unik yang cocok dan bisa dilakukan di perkotaan.

  1. Budidaya Ikan Neon Tetra

Ikan hias tentunya tidak asing lagi dibudidayakan. Kini salah satu yang populer adalah ikan neon tetra. Menarik karena memiliki sisik terang yang glow in the dark, atau bisa menyala di kegelapan. Bahkan harganya lebih mahal dibandingkan beberapa ikan hias lain seperti komet dan gupy.

Nantinya Kamu bisa membeli bibit terlebih dahulu. Kemudian lakukan pemijahan sendiri di akuarium biasa. Apabila telur sudah memisahkan, tinggal pindahkan ke akuarium dengan ukuran lebih besar. Tentunya sangat menguntungkan karena kini permintaan pasar mancanegara sedang tinggi.

  1. Budidaya Reptil

Kamu juga bisa membudidayakan reptil bahkan bila bermukim di perkotaan. Tentunya asal mampu menyediakan kandang yang nyaman dan aman untuk reptil dan warga sekitar. Dibilang sebagai bisnis budidaya unik menguntungkan karena satu ekor reptile jenis tertentu bisa dihargai sampai jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

Contoh reptil populer di pasaran sendiri mulai dari tokek hias, iguana, hingga ular. Misalnya tokek hias atau Leopard Gecko yang laris di pasaran karena ciri khasnya yang memiliki bintik di tubuhnya. Namun tentunya perlu pembelajaran lanjut, karena beda reptil bisa berbeda perawatannya.

  1. Budidaya Sukulen

Terakhir ada tanaman yang banyak dicari orang berbagai kalangan. Yaitu sukulen atau kaktus mini yang kadang Kamu bisa temukan dalam hiasan rumah. Perawatannya yang mudah dan tidak membutuhkan lahan luas, menjadikan budidaya ini bisa juga ditekuni berbagai kalangan.

Nantinya kaktus mini bisa di potong daun maupun batangnya (cara vegetatif) untuk pengembangbiakannya. Penyiraman juga tidak perlu sering dilakukan karena memang habitat alaminya di tanah tidak terlalu lembab. Kamu hanya perlu memastikan bahwa tanaman ini tidak terkena paparan sinar matahari untuk perawatannya.

Setelah mengetahui sekiranya apa saja peluang unik yang bisa dibudidayakan, perlu diingat Kamu juga harus mencari pasarannya. Apabila masih pemula, pastikan ada yang mau membelinya di sekitaran rumah. Namun tentunya di era serba online sekarang, mengiklankan bisnis budidaya unik ini sudah semakin mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *