Cara Mudah dan Aman Budidaya Daun Bawang di Rumah

Cara Mudah dan Aman Budidaya Daun Bawang di Rumah

Memiliki kegiatan bercocok tanam budidaya daun bawang selama masa pandemi merupakan ide yang cemerlang dan menyenangkan. Selain menyenangkan keuntungan lainnya adalah daun bawang yang sudah bertumbuh bisa digunakan untuk bahan masakan di rumah kamu. Sehingga kamu menjadi lebih produktif.

Bercocok tanam merupakan kegiatan yang memberikan banyak manfaat. Tidak hanya bagi petani besar, ternyata melakukan kegiatan bercocok tanam bisa dilakukan sendiri di rumah. Apalagi jika tanaman yang dipilih dapat menghasilkan atau digunakan untuk makan dan makanan. Salah satunya adalah daun bawang.

Kamu pasti seringkali menemukan daun bawang di berbagai jenis makanan seperti taburan di atas sup, soto, bahkan menjadi bahan campuran untuk membuat telur dadar. Jika kamu mencoba untuk berkegiatan seperti budidaya daun bawang maka kamu juga sekaligus bisa menghemat pengeluaranmu.

Ini cocok untuk kamu yang suka sekali mencoba masak namun tidak ingin banyak pengeluaran. Daun bawang memang memberikan banyak manfaat dan kegunaan bagi makanan yang akan kamu makan. Bercocok tanam daun bawang di rumah bisa menjadi salah satu tips untuk menghabiskan waktu meskipun hanya di rumah saja.

Manfaat atau Kegunaan Daun Bawang

Bercocok tanam memang menjadi salah satu hobi manusia yang sangat seru dan menyenangkan. Kegiatan ini juga seringkali digunakan untuk mengurangi beban pikiran akibat stress karena pekerjaan yang menumpuk. Bahkan warna hijau dari tumbuhan bisa membantu mengurangi hal tersebut.

Maka berbudidaya daun bawang bisa menjadi salah satu contoh tepat bagi kamu yang ingin mencoba bercocok tanam namun tetap menghasilkan. Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari daun bawang serta menjadi seorang pembudidaya dari daun bawang tersebut dan hal ini masih jarang orang umum ketahui.

Salah satu kegunaan penting dari daun bawang adalah sebagai bahan pelengkap untuk menambah kelezatan dari makanan. Akan ada rasa yang berbeda pada makanan sebelum dan setelah dimasukkan daun bawang didalamnya. Bayangkan jika setiap masakan kamu membutuhkan daun bawang maka kamu bisa menghabiskan banyak uang untuk daung bawang.

Oleh karena itu cobalah untuk mengurangi hal tersebut dengan membuat budidaya daun bawang ini. Selain sebagai penambah kelezatan dari makanan, daun bawang juga bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker yang didapatkan dari salah satu kandungan dalam daun bawang yaitu kaempferol.

Selain itu daun bawang juga sangat baik bagi tubuh manusia karena sebagai sumber zat besi untuk menjaga kesehatan sel darah merah. Jika daun bawang sendiri sudah sangat bermanfaat maka bagi para pelaku budidaya pun juga memiliki banyak sekali manfaat salah satunya untuk menghasilkan pendapatan.

Tutorial untuk Menanam Daun Bawang di Rumah

Mungkin bagi kamu yang ingin mencoba untuk budidaya daun bawang di rumah bukan dalam skala besar yaitu menambah penghasilan. Namun, bisa untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari. Namun dari hal ini pun nantinya bisa memberikan masa depan yang baik bagi pendapatan kamu dengan tanaman daun bawang. Adapun cara menanamnya adalah seperti di bawah ini.

  1. Memilih Bibit Daun Bawang yang Berkualitas

Terdapat dua cara untuk menanam daun bawang yaitu dengan bibit generatif atau biji tanam dan cara bibit vegetatif atau dengan anakan tanaman. Pemilihan bibit yang berkualitas tidak perlu dengan membeli bibitnya ke tempat tertentu. Namun bisa dengan menggunakan batang daun bawang yang ada di rumah atau di warung.

Biasanya terdapat batang akar sehingga pilih yang terbaik untuk membuat budidaya daun bawang di rumah. Siram akan yang masih utuh dengan air guna menjaga kesegarannya.

  1. Semai Bibit

Selanjutnya setelah menjaga kesegaran akar, kamu perlu menyemai bibit dengan cara menyimpan akar ke dalam gelas berisi air atau bisa dengan penggunaan polybag.

  1. Siapkan Media Tanam

Gunakan media tanam yang tepat dengan ukuran sesuai. Gunakan media dengan diameter lebih dari 15 cm. Sediakan tanah yang gembur dan subur dengan pH tanah yaitu 6,5 – 7. Kemudian kamu campurkan tanah tersebut dengan pupuk kendang dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1.

  1. Tunggu Waktu yang Tepat

Tanam di waktu yang tepat yaitu setelah 5-7 hari agar tanaman dapat bertumbuh dengan baik.

Cara ini cukup mudah untuk kamu lakukan dalam budidaya daun bawang di rumah dan bisa menghasilkan untuk masakan rumahan atau bahkan menghasilkan pendapatan apabila menjualnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *