Jenis-Jenis Produksi Budidaya Ikan Air Tawar yang Populer

Jenis-Jenis Produksi Budidaya Ikan Air Tawar yang Populer

Membuka usaha budidaya ikan air tawar merupakan langkah yang tepat melihat saat ini Indonesia mulai meningkat gairahnya untuk mengonsumsi ikan. Sehingga usaha tersebut tampak sangat menggiurkan dan cukup menjamin setiap tahunnya. Para pembudidaya jenis ikan air tawar memang harus bersaing dengan pemasok ikan laut.

Pemasok ikan laut di Indonesia memang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan air tawar. Akan tetapi tidak sedikit pula jumlah masyarakat yang lebih menyukai ikan air tawar dibandingkan ikan laut. Perlu kamu ketahui bahwa konsumen ikan air tawar tidak akan pernah mati mengingat banyaknya manfaat dari ikan untuk manusia.

Saat ini banyak masyarakat yang mulai menyukai ikan air tawar karena berbagai alasan. Untuk itu, kamu bisa mencoba usaha budidaya ikan air tawar ini menjadi lebih besar. Meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia juga bisa menjadi latar belakang kamu membuka budidaya tersebut.

Ada beberapa jenis ikan air tawar yang bisa kamu budidayakan dan jenis ikan tersebut cukup populer serta peminatnya cukup tinggi. Kali ini kami akan berikan penjelasan yang tepat demi melihat potensi-potensi dari pembudidayaan ikan tersebut. Apalagi jika usaha ini bisa kamu kembangkan dalam bisnis impor dan ekspor.

Potensial dan Manfaat Budidaya Ikan Air Tawar

Data masyarakat di Indonesia pada beberapa tahun mengalami peningkatan. Sehingga hal ini membuat jumlah penduduk yang meningkat. Jika jumlah penduduk Indonesia meningkat, maka kebutuhan dalam hal pangan ikut meningkat. Maka usaha budidaya ikan di air tawar menjadi salah satu bidang yang terseret peningkatan tersebut.

Setiap tahunnya data mengenai konsumen ikan cukup tinggi dan masih dikuasai oleh ikan laut. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat ikan air tawar mampu menyaingi ikan laut. Terlihat seperti data pada tahun 2018 dimana ikan air tawar sempat menyalip ikan laut dalam permintaan pasar.

Kedua jenis ikan ini memiliki manfaat yang sama besar bagi manusia maka sangat dibutuhkan. Melihat kebutuhan manusia tersebut, tentu para pembudidaya ikan di air tawar harus semakin meningkatkan kualitas dan kuantitasnya untuk bisa memenuhi kebutuhan manusia setiap harinya tersebut.

Pembudidayaan ikan air tawar ini memiliki risiko habis yang cukup kecil. Selain itu, budidaya ikan air tawar cukup mudah untuk dilakukan karena banyak media yang sudah menyediakan fasilitas untuk belajar. Produksi ikan air tawar semakin tahun tampaknya akan semakin meningkat.

Untuk bisa menjaga kebutuhan manusia dimana beberapa waktu lalu peneliti mengungkapkan bahwa kemungkinan ikan di laut bisa habis menjadi peluang dan potensi besar bagi para pembudidayaan ikan air tawar ini. Tidak perlu mencoba membudidayakan jenis ikan yang sulit, cukup dimulai dengan mudah-mudah saja terlebih dahulu.

Ikan Air Tawar yang Populer untuk Pembudidayaan

Jika kamu merasa bahwa membuat budidaya ikan air tawar sangat sulit dan ribet karena perlu menyiapkan serta menyediakan beberapa hal seperti lahan yang besar. Ada banyak cara mudah serta jenis-jenis ikan yang mudah untuk dibudidayakan bahkan populer di kalangan masyarakat. Di bawah ini ada beberapa jenis ikan air tawar yang cukup populer dalam pembudidayaan.

  1. Ikan Mas

Jenis ikan pertama yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah ikan mas. Konsumen ikan mas cukup tinggi sehingga bisa diandalkan untuk membuka budidaya jenis ikan yang satu ini. Terdapat teknik untuk bisa membudidayakan ikan mas dengan baik yaitu menggunakan kakaban ijuk.

Ikan mas sangat mudah dikembangbiakkan karena bisa bertahan hidup di suhu tropis seperti Indonesia. Suhu ideal untuk pertumbuhan ikan mas adalah sekitar 23-30 derajat Celsius. Media yang bisa digunakan juga cukup banyak seperti kolam tanah, kolam air deras serta dengan jaringan terapung. Butuh waktu 4-5 bulan untuk bisa dipasarkan.

  1. Ikan Lele

Selain ikan mas, konsumen ikan lele tidak kalah banyak. Maka kamu bisa mencoba membudidayakan ikan lele karena cukup mudah dan tidak membutuhkan modal besar. Adapun rasio pakan dengan daging ikan lele adalah 1:1. Dimana ketika kamu memberi makan ikan lele sebanyak 1 kg maka akan menjadi dagin 1 kg juga.

Maka dengan mencoba jenis-jenis ikan yang populer ini, kamu bisa membuka usaha besar karena caranya cukup mudah untuk dipraktekkan dalam usaha budidaya ikan air tawar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *