Budidaya Jagung Manis Organik, Penting Memahami Caranya

Budidaya Jagung Manis Organik, Penting Memahami Caranya

Budidaya jagung manis dengan sistem organik tentu memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan cara budidaya pada umumnya. Kualitas rasa serta kecepatan dalam menghasilkan jagung terbaik menjadi alasan terkuat saat ini mengapa sistem organik lebih dipilih.

Teknik pemeliharaan jagung manis organik terletak pada tata cara serta metode sejak mulai menanam sampai pada taha panen. Beberapa aspek penting mempengaruhi kualitas jagung agar memilki rasa serta tekstur lebih bagus.

Seperti yang telah kamu ketahui bahwa jagung manis merupakan satu pilihan makan menarik. Rasa manis dalam jagung menjadi alasan jenis tumbuhan ini mempunyai banyak penggemar. Cara mengolahnya juga sangat sederhana, cukup direbus ataupun dibakar maka jagung sudah siap untuk dihidangkan.

Selain memiliki rasa manis bawaan, konsumsi jagung manis juga baik untuk kesehatan. Penting kamu ketahui bahwa dalam jagung tersebut terdapat kandungan kalori sangat sedikit namun kandungan karbohidrat sangat tinggi. Sedikitnya jumlah kalori sangat membantu untuk beberapa orang yang mempunyai riwayat penyakit kencing manis maupun diabetes.

Kandungan karbohidrat tinggi juga berguna bagi kamu yang mempunyai masalah dengan konsumsi beras. Sebab kandungan karbohidrat pada jagung dapat menggantikan nasi sebagai makanan pokok. Pilihan jagung juga sangat efektif sebab dilengkapi dengan rasa enak dan muga karbohidrat tinggi.

Kelebihan lainnya adalah apabila kamu mengonsumsi jagung secara tidak sengaja dalam jumlah banyak, maka perut tidak akan terasa kembung. Manfaat jagung seperti telah dijelaskan di atas tentu menjadi alasan bagi kamu untuk memulai budidaya jagung manis.

Pemeliharaan serta proses tumbuh kembang pada jagung tentu mempertimbangkan beberapa segala aspek tertentu. Berikut ini merupakan beberapa cara efektif serta penting untuk kamu ketahui mengenai cara budidaya yang baik dan benar.

Melakukan Pemilihan Jenis Bibit  

Sebelum masuk pada jenis bibit berkualitas kamu perlu mengetahui bahwa jagung merupakan tipe tumbuhan dengan tingkat adaptasi tanah sangat tinggi. Adaptasi ini terjadi sebab tumbuhan tersebut memilki ketahanan tumbuh dalam kondisi serta kontur tanah berbeda-beda.

Jagung bisa dikategorikan sebagai tumbuhan tangguh, sebab kondisi tanah pada dataran rendah dan tinggi jagung bisa tetap berkembang secara sempurna. Bahkan pada ketinggian tiga ribu lebih di atas permukaan air laut, jagung masih bisa bertahan kuat. Hal ini disebabkan karena kebutuhan PH tanah pada jagung sekitar lima sampai delapan.

Kembali lagi pada pemilihan jenis bibit penting untuk kamu ketahui bahwa bibit berkualitas sangat menjanjikan keberhasilan tanaman. Apabila kamu telah menyediakan tempat berupa tanah subur namun, pilihan bibit jagung tidak baik maka dapat dipastikan pertumbuhan tanaman tersebut tidak akan bagus.

Kualitas bibit dapat kamu ukur dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti kondisinya sehat, terhindar dari penyakit, dan bentuk maksimal. Jika kamu sebagai pemula melakukan budidaya jagung manis maka perbanyak untuk mencari sumber informasi terkait penyedia bibit jagung berkualitas. Hal ini bisa kamu tanyakan kepada petani berpengalaman, para petani sudah tentu memiliki kriteria khusus.

Teknik Pengolahan Lahan Secara Tepat

Setelah mendapatkan bibit berkualitas langkah selanjutnya kamu perlu memahami bagaimana cara pengolahan lahan dengan baik dan benar. Beberapa aspek pengolahan jagung manis cenderung sama dengan pengolahan tanaman jenis lainnya.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam mengolah lahan tanaman jagung adalah proses mencangkul untuk mendapatkan kontur tanah yang lebih gembur, usahakan untuk mendiamkan tanah setelah dicangkul agar tanah dapat subur lagi.

Selanjutnya kamu bisa membersihkan gulma keras pada tanah, keberadaan gulma tentu akan merusak kualitas tanah. Setelah membersihkan gulma imbangi dengan memasang pupuk kandang berupa bokashi, hal tersebut dilakukan agar mendapatkan kandungan tanah lebih lengkap berupa kalium dan nitrogen.

Jika kamu hendak budidaya jagung manis pada lahan bekas garapan sawah, buatlah bedengan pada setiap ruas pemisah tanah tempat jagung ditanam untuk menghindari genangan air apabila hujan turun maupun jika terjadi luapan air irigasi dari lahan sekitar.

Langkah terakhir berkaitan dengan pengolahan lahan adalah teknik menanam benih jagung. Buatlah lubang tempat benih ditanam dengan kedalaman lima centimeter. Usahakan jarak antara lubang benih satu dengan lainnya memilki jarak sepadan dengan ukuran 6 sampai 7 cm.

Kami merekomendasikan untuk proses penanaman benih jagung manis bisa ditanam di awal musim penghujan. Apabila kamu mau melakukan tahap penanaman pada musim kemarau maka perlu dipastikan pasokan air mencukupi. Budidaya jagung manis sangat sederhana apabila mengetahui langkah konkritnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *