Tertarik Budidaya Kacang Hijau, Inilah Kelebihannya

Tertarik Budidaya Kacang Hijau, Inilah Kelebihannya

Budidaya kacang hijau merupakan salah satu komoditas tanaman yang mulai banyak dilirik. Proses penanaman sangat cepat serta tahan akan segala jenis cuaca dilengkapi dengan adaptasi tinggi membuat tumbuhan ini semakin digemari. Bagi kamu yang tertarik untuk mulai menanam kacang hijau baik untuk mengetahui kelebihan tanaman ini dilihat dari beberapa sudut.

Tanaman ini berasal dari India, Kacang hijau merupakan tanaman cukup penting keberadaannya di Indonesia. Sebab  kebutuhan masyarakat semakin tinggi namun tidak sebanding dengan produksi oleh para petani setempat. Peningkatan kualitas serta produksi harus terus ditingkatkan agar tidak secara terus menerus memenuhi kebutuhan dalam negara dengan menggunakan sistem impor.

proses budidaya kacang hijau terbilang tidak terlalu susah. Akan tetapi tetap memperhatikan unsur ketelitian serta ketelatenan dalam setiap langkah pemeliharaannya. Cara untuk menanam kacang hijau hampir sama dengan tanaman lainnya.

Beberapa tahapan budidaya tanaman ini dengan cara mempersiapkan lahan terlebih dahulu, tentunya lahan yang telah disediakan telah dibajak terlebih dahulu kemudian sudah ditaburi dengan campuran pupuk kandang secara merata hal ini bertujuan untuk menambah subur serta gemburnya tanah.

Penyiapan bibit juga penting untuk diperhatikan sebab proses penanaman kacang hijau terdapat langkah penyiaman bibit, dilanjutkan dengan pembesaran bibit menjadi benih. Setelah benih lumayan besar maka baru diletakkan dalam bidang bedengan tanah yang telah disiapkan sebelumnya.

Lakukan sortir ketika tanaman kacang hijau telah berusia 15 sampai 20 hari, proses ini bertujuan untuk menentukan benih berkualitas dan tidak, sehingga dapat dilanjutkan kepada tahap selanjutnya. Dalam perawatannya kamu jangan lupa untuk terus melakukan pemberian pupuk serta penyiraman secara berkala.

Segala bentuk ketelitian serta kewaspadaan dalam Budidaya kacang hijau menjadi kunci utama terhadap suksesnya proses tanaman. Kamu juga perlu mengetahui beberapa kelebihan dalam budidaya tanaman jenis ini.

Kelebihan Budidaya Tanaman Kacang Hijau

kelebihan pada budidaya kacang hijau adalah tahan terhadap kondisi kemarau, apabila kamu sedang mengalami musim panas lumayan panjang maka memulai menanamnya bisa menjadi salah satu pilihan sebab tumbuhan ini sangat tahan serta mempunyai kemampuan adaptasi pada segala cuaca.

Kelebihan selanjutnya adalah proses panen yang cukup lebih cepat dibandingkan tanaman sejenis lainnya. Kacang hijau mampu berproses secara cepat dan siap dipanen pada usia 50 sampai 60 hari dilengkapi dengan persentase kegagalan panen sangat kecil.

Kacang hijau juga sangat bermanfaat bagi kesehatan, beberapa manfaat dari mengonsumsi kacang hijau adalah dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh banyaknya kadar kolesterol tinggi adalah serangan jantung.

Kandungan anti oksidan sangat tinggi dalam kacang hijau sangat mampu menurunkan risiko terkena serangan jantung akibat banyaknya kolesterol jahat dalam tubuh. Persentase kandungan antioksidan dalam kacang hijau sebesar seratus tiga puluh gram lebih.

Sebagai sumber makanan berasal dari tumbuhan maka sudah dipastikan bahwa kacang hijau menyimpan kandungan serat begitu tinggi. Sehingga mampu mempermudah dalam proses pencernaan. Usus serta organ pencernaan lainnya akan berjalan lebih baik apabila asupan serat sangat terpenuhi secara baik.

Selain itu kandungan kacang hijau juga terdapat zat berupa pati resisten, fungsi zat ini adalah menjaga bakteri dalam usus sehingga mampu menjaga kinerja pencernaan menjadi lebih baik, segala bentuk proses pencernaan kemungkinan akan terjaga sebab pasokan pati resisten sangat cukup.

Kelebihan terakhir dari aspek tanaman kacang hijau yaitu memilki rasa enak. Pengolahan bahan mentah menjadi makanan siap saji juga terbilang cukup gampang. Ada banyak jenis makanan saat ini yang menggunakan kacang hijau sebagai bahan utama. Indonesia memiliki jumlah makanan berbahan dasar  kacang hijau seperti bubur kacang hijau, kolak kacang hijau dan masih banyak jenis lainnya.

Prospek Komoditas Bisnis

Kelebihan budidaya kacang hijau dapat juga dilihat dari prospek bisnis serta pemasukan bagi banyak kalangan terutama negara. Indonesia saat ini telah gencar melakukan dorongan penuh untuk mendukung kemajuan hasil panen kacang hijau.

Sebab beberapa negara tetangga telah melirik kacang hijau sebagai pilihan untuk di import. Negara asia seperti Filipina, China, serta Taiwan merupakan negara yang sangat meminati tumbuhan satu ini. Oleh sebab itu pemerintah menggenjot sebagian daerah penghasil seperti Sidoarjo, Gresik, Sumenep, Sampang, Pati dan beberapa daerah di Indonesia lainnya.

Pilihan untuk memelihara serta menanam kacang hijau merupakan keputusan menarik bagi kamu untuk memulai dunia cocok tanam. Budidaya kacang hijau menjadi jalan serta cara kamu untuk mewujudkan hal tersebut sebab mempunyai banyak kelebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *