Cara Sederhana Budidaya Kacang Panjang

Cara Sederhana yang Digunakan untuk Budidaya Kacang Panjang

Budidaya kacang panjang adalah salah satu aktivitas yang bisa Kamu mulai hari ini karena memang kacang panjang sendiri merupakan salah satu tanaman yang cukup ekonomis dan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan, dan produk ini pun sangatlah tinggi di pasaran karena memang kacang panjang sendiri mengandung banyak sekali nutrisi seperti protein, karbohidrat ,zat besi, vitamin B1, B2 dan lain-lain.

Banyak sekali para pedagang di pasar yang memang menjual produk kacang panjang karena banyak varian sayuran yang bisa Kamu buat dengan menggunakan sayuran ini seperti oseng kacang panjang, sayur sop, dan juga berbagai sayur lokal yang sangat khas di berbagai daerah. Budidaya kacang panjang akhirnya menjadi salah satu pilihan yang sangat utama ketika memang ingin memulai sebuah usaha agrikultur bagi banyak orang.

Persiapan untuk Budidaya Kacang Panjang

Tentu saja memang memulai sebuah usaha budidaya untuk tanaman apapun membutuhkan banyak sekali persiapan, dan begitu juga budidaya kacang panjang di mana ada banyak sekali persiapan harus Kamu persiapkan dari mulai pemilihan benih hingga juga proses penanaman. Berikut adalah proses persiapan ketika ingin memulai budidaya kacang panjang di Indonesia.

  1. Cari benih unggul

Pertama tentunya Kamu harus memilih benih. Benih tersebut sangatlah mudah dicari karena memang ada banyak varian yang bisa Kamu dapatkan di toko peralatan pertanian di berbagai kota di seluruh Indonesia. Pastikan juga bahwa benih yang Kamu ada pilih bebas dari berbagai penyakit dan juga resilient untuk ditanam di berbagai iklim.

  1. Pilih lahan yang sesuai

Pemilihan lahan juga adalah hal yang sangat signifikan karena memang suhu utama dari kacang panjang adalah kurang lebih 20 hingga 30 derajat Celsius. Untuk itu memang kacang panjang sendiri lebih baik dibudidayakan di dataran rendah yang memiliki temperatur yang cukup tinggi Karena disinilah kacang panjang dapat tumbuh dan juga berkembang dengan sangat pesat dan sehat.

  1. Proses penanaman

Terakhir, kacang panjang juga harus ditanam dengan benar dan juga memiliki fase-fase penanaman sesuai dengan berapa minggu umur dari benih tersebut. Dalam 1 sampai 2 minggu kacang panjang biasanya membutuhkan Ajir atau yang biasa disebut sebagai penyangga. Hal ini dimaksudkan agar tanaman kacang panjang dapat tumbuh tegak dan juga tidak miring ke samping yang akhirnya mengurangi kesehatan dari tanaman kacang panjang tersebut.

Pemeliharaan Gulma dan Juga Parasit

Selain dari Ajir, budidaya kacang panjang juga membutuhkan pestisida yang cukup untuk melawan berbagai jenis penyakit dan juga hama dari kacang panjang itu sendiri. Salah satu hama yang paling signifikan dan juga sangat mengganggu tentu saja adalah polong dan juga ulat daun. Ada berbagai varian ulat seperti ulat grayak dan juga penyakit seperti bercak daun yang memang sangatlah mengganggu untuk pertumbuhan kacang panjang dan juga usaha Kamu untuk melakukan budidaya.

Selanjutnya Kamu juga bisa melakukan penyiraman airn dan pemupukan di area tanaman tersebut. Setelah kacang panjang berusia 3 minggu untuk luas area sekitar 200 meter persegi biasanya akan dibutuhkan 1 kilo sampai juga 50 kilo gram untuk 1 kg KCL Pupuk. Untuk itu memang rasio dari pemberian pupuk dan juga harus Kamu perhatikan dengan sebaik mungkin supaya tidak salah dan akhirnya malah justru merusak kualitas dari kacang panjang yang Kamu tanam.

Pemberian Pestisida dengan Cara yang Wajar

Setelah itu barulah Kamu bisa mulai merawat tanaman tersebut dengan cara memberikan pestisida. berikan pestisida secara rutin serta juga perhatikan apakah ada penyakit bercak daun yang tumbuh pada daun tanaman Anda. Bersihkan juga gulma atau parasit di sekitar tanaman Kamu secara rutin agar nutrisi tanaman tidak dicuri dan tanaman Kamu bisa tumbuh sehat.

Jika memang semuanya sudah sempurna dan tidak ada lagi hama yang mengganggu, maka tunggulah masa panen di mana biasanya masa panen tanaman tersebut akan datang dalam kurun waktu 45 sampai 50 hari atau 2 bulan pada masa penanaman. Biasanya 1 benih akan mampu untuk panen sebanyak 15 sampai 18 kali dan karenanya memang budidaya kacang panjang sangatlah ekonomis karena Kamu tidak perlu terus menerus membeli benih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *