Menjaga Lingkungan Dalam Budidaya Bebek Petelur Tetap Berkualitas

Menjaga Lingkungan Dalam Budidaya Bebek Petelur Tetap Berkualitas

Jika kamu ingin membuka sebuah bisnis maka budidaya bebek petelur bisa menjadi pilihan yang baik. Hal ini karena ternyata dari beberapa pengalaman para wirausaha yang pernah berkecimpung dalam bidang ini mengatakan bahwa keuntungan yang didapat cukup banyak. Bahkan dalam waktu dekat berhasil mengembalikan modal yang digunakan.

Walau kehadirannya tidak seberlimpah telur ayam, telur bebek kampung sangat bermanfaat dari segi nutrisi yang terdapat di dalamnya. Harga jual di pasaran juga tergolong lebih mahal telur bebek dibandingkan dengan telur ayam. Alasan tersebut yang membuat mengapa banyak masyarakat yang lebih memilih bisnis telur bebek.

Namun, kamu juga harus mengerti bahwa untuk bisa mendapatkan telur bebek dibutuhkan jenis bebek petelur. Selain jenis bebek petelur juga ada jenis bebek pedaging. Jangan salah membedakan antara keduanya untuk tetap mendapatkan hasil yang diinginkan. Bebek dengan jenis betina akan masuk ke dalam kategori petelur, sedangkan jantan ke pedaging.

Dari segi budidaya juga berbeda, budidaya bebek petelur pada umur tertentu komposisi pakan yang digunakan akan berubah karena bertujuan untuk mendapatkan telur yang baik. Walau harus menggunakan modal lebih banyak karena untuk mencukupi nutrisi, namun tetap saja keuntungan yang didapat dari bebek petelur lebih besar.

Pada bebek pedaging, walau nutrisi yang dibutuhkan tidak dalam jumlah yang besar namun hanya dapat menjual daging nya saja. Berbeda dengan bebek petelur karena satu ekor bebek mampu menghasilkan 200 hingga 300 butir telur per tahun. Angka tersebut merupakan angka yang fantastis apabila jumlah bebek petelur kamu mencapai 150 ekor.

Apabila kamu baru dalam dunia bisnis bebek petelur, selain pakan dan bibit bebek yang digunakan ternyata lingkungan yang ada juga mempengaruhi kualitas hasil telur. Oleh karena itu, kamu tidak harus memperhatikan bagaimana menciptakan lingkungan yang baik untuk tetap menjaga kualitas telur bebek yang sangat baik.

Cara Menjaga Lingkungan yang baik Bagi Bebek Petelur

Hal pertama yang perlu diperhatikan terkait lingkungan pada budidaya bebek petelur adalah lahan yang cukup. Apabila kamu ingin memulai bisnis dengan mendatangkan 150 bebek petelur maka lahan yang kamu gunakan harus cukup menampung jumlah bebek tersebut.

Selain itu juga karena suara dan bau yang dihasilkan dari jenis hewan ini maka sebaiknya kendang yang digunakan berada agak jauh dari pemukiman warga. Strategi ini dilakukan untuk saling menjaga kerukunan antar warga tentunya. Tidak hanya itu, aktivitas manusia yang berisik dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bebek petelur.

Kandang yang digunakan tidak hanya sekedar cukup tetapi juga luas agar ketika bertelur, telur tersebut tidak mudah terinjak oleh bebek yang ada. Selanjutnya adalah usahakan agar suhu kandang tidak terlalu le,bab dan berada pada sekitar 27 derajat celcius hingga 30 derajat celcius.

Suhu yang terlalu lembab akan membuat bebek petelur mudah terserang penyakit. Kamu bisa memberi terpal pada beberapa sisi kandang agar mempertahankan suhu sekitar 27 hingga 30 derajat celcius. Menjaga lingkungan agar tetap bersih juga merupakan hal penting yang kamu harus lakukan.

Kamu juga tidak boleh lupa untuk meletakkan fasilitas seperti tempat makan dan minum bagi bebek petelur. Fasilitas tersebut harus diganti secara rutin dan juga dibersihkan untuk tetap menjaga kecukupan nutrisi yang didapatkan oleh para bebek petelur. Bebek dengan nutrisi tercukupi akan memberikan kualitas telur terbaik.

Alasan Mengapa Penting Menjaga Kualitas Lingkungan

Memperhatikan dengan detail mengenai lingkungan pada budidaya bebek petelur adalah hal yang dapat meningkatkan kualitas telur. Ketika kamu membersihkan kandangnya setiap hari maka kemungkinan bebek terserang penyakit juga rendah. Mikroorganisme yang terdapat pada kotoran bebek tidak hanya berbahaya bagi hewan tetapi juga manusia.

Hal tersebut juga yang membuat beberapa telur gampang terserang oleh bakteri seperti Salmonella karena kebersihan kandang tidak selalu terjaga. Selain itu juga, kualitas lingkungan yang baik akan memberikan kebahagiaan bagi hewan seperti terhindari dari kebisingan aktivitas manusia dan juga suhu yang selalu terjaga.

Menjaga kualitas lingkungan, memilih bibit terbaik dari bebek petelur, serta memberikan nutrisi yang terbaik adalah kombinasi yang dapat menghasilkan kualitas telur bebek terbaik. Keuntungan yang didapatkan harus sesuai dengan usaha yang diberikan. Hal ini menjadi salah satu cara dalam keberhasilan budidaya bebek petelur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *